Jaka Budi Badge's

Total Pageviews

Saturday, November 26, 2011

Arduino.....bikin ketagihan


Pertama kali mengenal Arduino baru sekitar awal september tahun ini.Ternyata lebih mengasikkan daripada mainan RC. Dapat berkreasi bebas , baik dari segi hardware maupun software. Pengalaman berkutat di software a.k.a visual basic 6 sangat berpengaruh dalam cepat tanggapnya mempelajari pemrograman pada arduino. Pengalaman di bidang elektronika digital sangat membantu untuk mengolah hardware arduino. Yang bikin ketagihan dalam berkutat dengan arduino adalah setelah selesai menyusun hardware dengan baik, belum tentu dapat berjalan dengan baik jika software tidak pas. LOGIKA sangat diperlukan!!!


Hanya saja ada pengalamanan buruk, yaitu saat memesan komponen ke distributor, yang katanya tersohor dan selalu disebut di google, itu lho indorobotika.com...ternyata bad seller no 1. pembohong no 1. hanya jual web saja..

Beberapa seller Lokal Arduino yang cukup menarik dan bisa dipercaya :
1. RCTronik- http://www.rctronic.com/
2. FamosaStudio- http://www.famosastudio.com/
3. Gerai cerdas - http://www.geraicerdas.com/index.php

untuk melengkapi komponen dasar elektronik, dipilih DigiWare-http://www.digi-ware.com/, lengkap dan harga cukup bersaing.

Untuk seller internasional, saya pilih:
1. Adafruit - http://www.adafruit.com/
2. Sparkfun - https://www.sparkfun.com/
3. iteadStudio - http://iteadstudio.com/store/
Untuk kelengkapan memang Sparkfun dan Adafruit, tapi karena biaya pengirimannya membuat berpikir 2 kali. ITeadStudio harga barang cukup murah dan ongkos kirim sangat terjangkau. Jika dibandingkan Ongkos kirim Surabaya-Jakarta, masih sebanding.

Ketagihan??...ah seperti morfin saja. ya ketagihan.. selalu aja ada pengembangan. Misal awalnya hanya LCD tampilan biasa, selanjutnya menjadi data loger. dan terus pengen terus dikembangkan(Hanya dana yang gak mendukung).

Tulisan selanjutnya merupakan pengembangan pengembangan sederhana project Arduino.

2 comments:

myprogramminglab said...

boleh tau biaya kirim dari sparkfun dan itead studio-nya berapaan yah mas ?

Jaka budi santosa said...

35 USD.. makanya milih ke suplier resmi yg ada di indonesia